Jumat, 04 Desember 2009

Mau Kemana Setelah Menjadi Sarjana Komputer???????

    Zaman sekarang mencari pekerjaan tidaklah mudah, apalagi untuk lulusan S1. Banyak lulusan S1 yang menganggur dan banyak juga lulusan S1 yang pekerjaannya tidak sesuai dengan lulusannya dan bidang yang dia ambil dalam semasa kuliah dulu.
    Menurut riset banyak lulusan sarjana yng menganggur dikarenakan kurangnya soft skill dari diri sarjana tersebut. Dan sulit sekali untuk menyuruh mahasiswa untuk magang, padahal magang sebelum kita lulus menjadi sarjana itu penting, karena dengan magang tersebut kita mendapat pengalaman pekerjaan yang sesuai dengan bidang kita, dan dapat melatih soft skill kita dan dengan itu setelah kita lulus kita mempunyai pengalaman dalam bekerja.
    Tapi dalam kenyataannya masih banyak universitas di Indonesia yang tidak menerapkan konsep magang untuk mahasiswanya pada saat mereka masih duduk di bangku kulih. Dan ada pula universitas yang awalnya menerapkan magang atau kerja praktek untuk mahasiswanya, tetapi sekarang konsep tesebut telah di hapus dan tidak diberlakukan lagi. Kenapa demikian? Lalu apa yang kita harus lakukan apabila kita tidak mendapatkan kerja praktek dan belum mendapatkan pengalaman sedikitpun untuk bekerja? Dan bagaimana untuk lulusan sarjana komputer?
   Berikut merupakan saran-saran dari saya untuk lulusan sarjana komputer dan untuk lulusan sarjana-sarjana yng lain:

 1. Kita harus tahu kemampuan kita, karena apabila sampai sekarang pun kita belum tahu kemampuan kita,        bagaimana setelah lulus nanti, tentunya kita akan bingung mau kerja apa kita? mau kemana kita melamar?
2. untuk sarjana komputer. Kita harus terbuka pada perkembangan dunia dan tekhnologi yang sanagt cepat,     kita harus fleksibel dan memepelajari hal-hal yang baru pada dunia tekhnologi komputer. Karena apabila     kita tidak membuka diri untuk kemajuan teknologi, kita akan mengalami keterlambatan yang sanagt jauh         sekali.
 3. Perlunya sertifikat untuk menambah nilai dalam diri kita. Sertifikat itu sendiri perlu, karena dengan itu nilai     diri kita dalam pekerjaan yang kita ambil akan mendapat nilai tambah oleh dimana kita akan bekerja.
 Diatas merupakan sedikit saran dari saya. Apakah anda menpunyai saran lainnya untuk menunjang lulusan-lusan sarjana baru?????

3 komentar:

  1. Rekomendasi TUKANG MAMPIR: mending berwirusaha aja dalam bidang yang ada hubungannya dengan kuliah. misalnya lulusan sarjana komputer bisa jadi design website, membuat toko online atau lainya. Paling tidak ilmunya bisa dipakai lagi.

    BalasHapus
  2. Salam kenal....
    Thanks infonya sob. Saya juga kuliah di jurusan teknik informatika, tepatnya di Yogyakarta
    __________
    SEO Tips

    BalasHapus
  3. Coba lamar melamar sana kemari,sapa tau ada ug nyantoL...!!

    BalasHapus