Selasa, 29 Desember 2009

E-Government ( Dulu, Sekarang, Kedepan )


       Menurut kalian semua apa itu e-government ( e-gov )? trus apa guna dari e-gov itu sendiri? Bagaimana e-gov itu dalam pemerintahan di Indonesia?

Indonesia sebenarnya sudah dari dulu menjalankan yang namanya e-gov tersebut dalam pemerintahan. Tapi hanya sedikit masyarakat yang menyadari hal tersebut. e-gov dalam pemerintahan sangat diperlukan. karena dengan e-gov itu sendiri dapat memberikan pelayanan yang lebih baik pada masyarakat, masyarakat dapat tahu tentang informasi dari pemerintah dalam 24 jam tanpa harus datang kekantor pemerintahan langsung, pelaksanaan pemerintah dapat menjadi lebih efisien dengan menggunakan teknologi informasi.

Di Indonesia penerapan e-gov akan dilaksanakan pada tahun 2010. Dan apabila e-gov itu berhasil Indonesia akan memiliki database yang dapat diakses secara terbuka dan dengan itu pula masyarakat dapat memantau dan melihat kinerja pemerintah.

Dan pada tahun 2010 nanti KTP akan meiliki yang namanya adalah singel identification number(SIN). Dengan nomor identitas tunggal tersebut, diharapkan bukan hanya menjadi no KTP saja, melainkan menjadi no yang lain sesuai kebutuhan.

Dan dengan adanya e-gov yang akan diterapkan di Indonesia dan adanya no identitas tunggal, tidak ada lagi yang mempunyai KTP ganda, dan pemanfaatan e-gov pada tiap kelurahan untuk bisa menertibkan masyarakat yang mempunyai KTP ganda. Bisa saja dalam hal seperti itu SIN harus benar-benar hanya ada satu no untuk no apapun.

Pada tahun-tahun berikutnya atau masa kedepannya semua masyarakat harus mempunyai SIN untuk keperluan apapun, misalnya pembuatan KTP, SIM, KK(Kartu Keluarga), dan lain-lain. Dan juga sekolah, universitas, perusahaan, dan masih banyak lagi harus mempunyai SIN untuk hal berbagai pendaftaran yang berkaitan dengan sesuai keperluan tertentu.

Begitulah sekelumit masalah yang dihadapi oleh pemerintah negara kita. Banyak hal yang harus dibenahi agar menjadi negara yang maju dan berkembang. Oleh karena itu, pemerintah harus bisa mengerti betapa pentingnya e-gov.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar