Kamis, 15 Oktober 2009

Profesi IT yang baru dimasa depan dan upaya untuk menjadi profesional terhadap profesi tersebut

Profesi IT sebenarnya sangat banyak peluangnya, tergantung dari diri kita sendiri apakah kita dapat menangkap peluang tersebut atau malah membiarkan peluang itu hilang. Tapi dalam permasalahan ini, apakah profesi yang sekarang itu masih dapat terus jalan dan masih ada dimasa depan atau malah hilang dan tidak berkembang sama sekali.

Dalam hal ini kita sebagai pelaku IT harus dapat sekreatif mungkin agar kita yang sudah terlanjur masuk dalam lautan IT tidak tenggelam, tetapi tetap berada ditengah-tengah lautan IT. Perubahan dalam dunia IT sangat cepat, dengan itu kita harus bisa mengikuti perkembangan tersebut. Bisa saja dikemudian hari pekerjaan manusia digantikan oleh robot. Yang sekarang terjadi di Jepang, mereka telah membuat robot untuk menemani pasien yang berada di rumah sakit.

Dengan contoh tersebut, dan apabila memang terjadi seperti itu dimasa depan (semua pekerjaan dikerjakan oleh robot) kita sebagai pelaku IT, tentunya pekerjaan kita tetap ada, kita bisa membuat program untuk robot tersebut. Atau kita juga bisa berwirausaha dalam bidang IT.


Ada juga cara lain yaitu kita mempunyai sertifikat-sertifikat yang berhubungan dengan IT, karena dengan sertifikat tersebut kita dapat lebih dipercaya dan diakui, bahwa kita mempunyai keterampilan, pengetahuan dengan kualitas yang bagus.



1 komentar: